UG Open CourseWare


Universitas Gunadarma(UG) sebagai universitas yang menerapkan pembelajaran berbasis ICT, sudah barang pasti mempunyai banyak layanan online. Layanan ini ada yang hanya diperuntukan oleh warga UG sendiri sampai kepada yang diperuntukan oleh masyarakat luas. Layanan online yang diberikan oleh UG diantaranya adalah Open Courseware, studentsite, BAAK, wartawarga, portfolio, helpdesk, ugpedia, v-class, dan masih banyak lainya.

Open CouseWare | ocw.gunadarma.ac.id

UG OpenCourseWare(OCW) merupakan sebuah situs berisi bahan pengajaran persembahan dari Univeritas Gunadarma yang tersedia di Web untuk kemudian dapat dimanfaatkan oleh masyarakat luas. OCW memungkinkan untuk meningkatkan kesempatan pendidikan, yang mana hal tersebut merupakan kewajiban moral dari sebuah perguruan tinggi terhadap pengabdiannya kepada masyarakat. OCW ini berbeda dengan jenis pendidikan berbasis web lainya, karena disini OCW tersedia secara gratis dan terbuka. UG OCW bukanlah sebuah inisiatif belajar jarak jauh para mahasiswa UG, bukan pula digunakan sebagai standar materi pembelajaran yang tersedia untuk mahasiswanya, tapi lebih dari itu. OCW digunakan untuk menyediakan bahan-bahan pebelajaran untuk semua orang.

Berikut merupakan pratayang dari UGOpen CourseWare

pratayang ocw

Desain Homepage dari OCW sederhana dan mudah dipahami. Ini sangat membantu masyarakat dalam memanfaatkan konten didalamnya. Selain itu desain yang sederhana akan memberikan efek loading halaman yang cepat dan tidak menghabiskan bandwitch.

Di halaman homepage ini terdapat panduan-panduan dasar dalam penggunaan situs ini, termasuk penjelasan apa-apa yang baru, penjelasan konten, dan tentang OCW.

menu ocw

Pada bagian atas dari situs ini terdapat menu utama yang disusun secara horizontal. Menu ini berisi mengenai interaksi lebih lanjut pengguna terhadap situs ini.

  • Home: Untuk Kembali ke halaman Utama, yaitu beranda dari situs  ini.

about ocw

  • About OCW : Berisi apresiasi dalam dukungan terbentuknya OCW, tujuan, ketentuan penggunaan, dan kebijakan privasi. Disini jika masuk ke halaman about kita malahan tidak langsung ada penjelasan mengenai situs ini. Tapi malah dihadapkan pada piilihan lagi. Yaitu Term of use, privasy policy, dan baru about. Dan yang menjengkelkan lagi jika kita klik menu about, tak ada penjelasan mengenai layanan ini.

help ocw

  • Help: Berisi pertanyaan-pertanyaan terjawab mengenai OCW. Disini didapat menu bantuan berdasrkan pertanyaan yang sering dipertanyakan dan sudah cukup untuk menjawab pertanyaan seputar OCW. Menu bantuan ini tersedia dalam bahasa inggris dan menu bahasa tidak berfungsi menyulitkan pengguna yang awam akan bahasa inggris tentunya akan kesulitan dengan apa yang dimaksud.

feedback ocw

  • Feedback : Digunakan untuk umpan balik terhadap OCW. Menu ini sangat berguna untuk pengguna dapat berinteraksi dengan admin dari situs ini, untuk pengembangan situs kedepannya.

departement ocw

Menu navigasi dari bahan pengajaran diletakkan pada sebelah kiri halaman bertujuan untuk diload terlebih dahulu oleh browser, mengingat menu ini merupakan gerbang dalam pencarian konten. Menu navigasi ini merupakan sub menu dari menu diatasnya. Pada menu utama home, menu ini akan menampilkan menu berdasarkan fakultas yang jika diklik maka akan menampilkan jurusan-jurusan per fakultas.

search ocw

Kotak search tersebut memudahkan pengguna untuk mencari konten secara cepat. Jika “only in current section” di centang makan hasil pencarian akan dipersempit hanya sebatas bagian yang kita buka, missal kita berada pada bagian dari fakultas teknologi industry, maka pencarian tidak akan menampilkan hasil dari fakulkas lain. Form search ini menariknya juga mempunyai fitur live search untuk pencarian yang lebih cepat.

tindak lanjut ocw

Pengguna dapat melakukan tindak lanjut terhadap konten yang di tampilkan, apakah akan dikirim ke email, di print, melihat versi RSS, ataupun format lainya yang tersedia. Menu presentasi sangat menarik walau hanya tersedia di halaman-halaman tertentu. Dibagian ini kita juga dapat mem borkmark halaman tertentu.

 content
Berikut pratayang dari konten yang ada. Konten yang ditayangkan dikelompokan berdasarkan menu di sebelah kiri. Jika kita klik salah satunya maka hanya akan muncul dengan tulisan “Click here to get file”. Dan itu tidaklah efisien.

Dari hasil review dari situs UG OCW tersebut didapat kesimpulan bahwa kelebihan UG OCW adalah

    1. Layanan situs ini gratis dan terbuka
    2. Halaman ringan dan mudah dalam penggunaan
    3. Konten dikelompokan per fakultas
    4. Terdapat fitur live search
    5. Konten lumayan lengkap

Selain kelebihan, situs ini pun memiliki kekurangan

    1. Sulit untuk register, setidaknya itu yang dialami penulis
    2. Form bahasa jika dipilih bahasa Indonesia malahan menampilkan form login atau halaman yang sama dengan pengurangan fitur.
    3. Tidak digunakannya jQuery pada navigasi web, membuat pencarian konten lama.

Sebagian layanan yang dimiliki Universitas Gunadarma

Studentsite | Portfolio | BAAK | Wartawarga | Open Courseware| Ugpedia | Helpdesk

About ervannur

Orang malam yang membicakan terang (G.I.E)

Posted on Oktober 31, 2010, in Tugas Kuliah. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: