Web Portal


Sebuah web portal , merupakan halaman web, yang menyajikan informasi dari berbagai sumber dengan cara terpadu. Web portal memiliki fitur standar berupa mesin pencari informasi, selain itu bisa juga terdapat layanan e-mail, berita, hiburan, dan lain-lain. Web portal memiliki kemampuan tertentu yang mengikuti selera para pengunjungnya. Isinya biasanya berupa konten yang dinamis. Contoh dari web portal yang sudah familiar adalah Yahoo!, iGoogle, AOL, dan MSN. Perbedaan web portal dengan website adalah dari segi kegunaannya. Website digunakan untuk menampilkan suatu informasi, opini, dan sebagainya, sedangkan web portal digunakan untuk membangun komunitas online dan menghadirkan lingkup yang lebih luas mengenai berbagai informasi kepada pengunjung.

Web Portal (2)

Web portal muncul bersamaan setelah perkembangan peramban web pada pertengahan tahun 1990. Web portal mengawali keberadaannya sebagai penyedia direktori internet sampai dengan fasilitas mesin pencari yang diantaranya adalah Excite, Lycos, AltaVista, infoseek, dan hotboot. Mereka merupakan beberapa layanan yang  tertua dari yang ada. Strategi dari web portal adalah mendorong pengguna untuk melakukan kunjungan berulang pada suatu portal. Game, chat, email, berita, dan layanan lain bertujuan agar pengunjung tinggal lebih lama, sehingga akan menambah penghasilan iklan.

Setelah meledaknya bisnis dot-com pada tahun 1990-an, banyak pemerintah berkomitmen untuk membuat web portal untuk layanan informasi pemerintahan bagi warga negaranya. Kemudian pada tahun 2000-an terjadi pergeseran fokus yang sebelumnya mengarah pada industri portal web menjadi engarah pada prtal internet korporasi, atau web perusahanaan.

Adapun langkah-langkah untuk membuat web portal sebagai berikut:

  1. Tentukan siapa yang akan menjadi web portal yang akan anda buat.
  2. Tentukan layanan yang akan anda persembahkan kepada pengunjung, yang mana harus interaktif untuk menarik pengunjung dan membuatnya kembali lagi berkunjung ke web anda.
  3. Download sebuah web portal yang bisa didapat gratis di internet. Misalnya adalah freewebtemplates.com
  4. Ekstrak template tersebut pada komputer anda
  5. Customise portal anda dengan menambah script yang bisa didapat gratis di internet. Misalnya dynamicdrive.com untuk javascript.
  6. Buat halaman berdasarkan template. Web template biasanya hanya terdiri dari satu halaman. Anda dapat menduplikatnya untuk membuat halaman-halaman lainnya.

Untuk anda yang familiar dengan CMS (content Management System), anda dapat memulai dengan mencari CMS yang sesuai dengan kriteria dari web portal yang ingin anda buat.

RainbowReferensi


About ervannur

Orang malam yang membicakan terang (G.I.E)

Posted on Maret 17, 2011, in Internet Dasar and tagged , , . Bookmark the permalink. 1 Komentar.

  1. apakah masih ada web web yang termasuk dalam web portal selain yg disebutkan di atas ??

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: